Kamis, 14 April 2011

KERUSAKAN TV SHARP (SILVER BOX SERIES) DAN TV SHARP BLACK BOX SERING STANDBY


Tips dan trik kali ini membahas tentang bagai mana menghadapi masalah pada TV SHARP silver box seriessecara mudah dan praktis. Terlebih dahulu anda membersihkan mainboard-nya dengan thinner jika memang kotor supaya titik solderan di seluru rangkaian bisa diligat dengan jelas. Setelah bersih coba cek semua titik solderao disemua bagian, terutama di bagian Vertikal-Regulator/Power supply-Flyback, sebab bagian ini sering terjadi kerusakan di titik solderan sebab panas yang di timbulkan.coba juga periksa solderan IC vertikal dan resistor,kalau tidak ada masalah dengan solderanya coba cek IC Vertikal dan resistonya apakah rusak atau tidak, kalau memang anda yakin rusak silah kan ganti dengan nomor yang sama begitu pula sama sesistornya.
Coba nyalakan TV dan perhatikan jika masi tidak mau star secara normal silahkan ambil langka berikut ini;

Pertama;
jika nyala led warna merah kehijauan dan berhenti menjadi kuning kerusakan terjadi pada IC memori (24c0424c16) ganti dengan yang baru setting kembali prameter didalam servis menu.
Kedua;
Jika led berwarna merah terus mati kerusakan terjadi pada IC utama TDA 938psxxx. Atau kehilangan tegangan 3,3 volt pada regulator, cek bagian pawer supply.
Ketiga;
Jika berwarna hijau atau merah berkedip kedip ada kesalahan dalam IC memori (internal error) anda dapat mereset ulang IC itu atau menggantinya. Tips mereset IC memori SHARP akan ditampilkan pada teori kehusus.
Ke’empat;
Jika berwarna hijau selama 5-10 detik dan kembali merah ada kegagalan pada bagian horisontal, periksa FBT (flyback) coba dan ukur pakai multitester dengan skala 10k pada kaki Ground dan kaki yang menuju kolektor transistos out put Horisontal, Jika bergerak meskipun sedikit berarti FBT (flyback) sudah short periksa juga tegangan 180v untuk blog RGB. Biaasa juga terjadi kerusakan pada resistor pembatasnya.
kelima;
Jika led tidak menyala sama sekali periksa bagian bagian input power supply cek STR 6553/6554 ganti jika memang ada tanda tanda kerusakan dan jangan lupa pula periksa resistor pembatasnya (6,8/10 watt). Pada proses penggantian IC STR 6553/6554 periksa semua dioda terutama 2 buag dioda bagian pojok kalau perlu di ganti dengan yang asli jangan yang imitasi sebab kalbu yang imitasi dipastikan STR akan mati kembali, dan ini sering terjadi bila tidak medapat dioda yang bertipe sama apa bila dua buah dioda IN 4667 di sambung secara seri dae di pasang untuk meggantikan setiap satu buah dioda tersebut.
TV SHARP black box sering standby.
Untuk SHARP seri blck box yang menggunakan IC utama TDA 8361/8362. Kerusakanya diantaranya adalah;
Pertama;
Standby sering terjadi, ada kesalahan pada bagian regulator, tegangan 9.v ganti IC 7809 beserta kapasitor dan dua resistor kembarnya yaitu (18 ohm) periksa juga elko 100-200uf/160v apakah tidak kembang kalau kembang silagkan ganti dengan yang baru.
kedua;
Tidak mau star dan hanya pada posisi standby, coba lepaskan solderan pada kaki tengah IC reset program yaitu IC KIA 7045 (putuskan jalur ground-nya) dengan maksud pada kaki tengah IC reset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar